Cara Mengobati Rambut Rusak Akibat Rebonding

Cara Mengobati Rambut Rusak Akibat Rebonding

Siapa yang tidak menginginkan rambut sempurna dan mudah diatur? Kebanyakan orang menganggap bahwa rambut lurus adalah jenis yang paling memenuhi kriteria tersebut. Selain banyak orang yang berlomba-lomba menata rambut dan menjadikannya lebih lurus, ada pula yang melalui jalan pintas, yaitu me-rebonding rambut yang mampu membuatnya tampak lurus permanen. Proses rebonding rambut adalah proses yang memerlukan banyak sekali bahan kimia.

Proses rebonding rambut akan membuat rambut terasa lembut saat dipegang, terlihat lurus dan berkilau. Selain itu, juga membuat rambut lebih mudah diatur. Biasanya efek dari rebonding rambut bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya.

cara mengobati rambut rusak akibat rebonding
cara mengobati rambut rusak akibat rebonding

Cara Mengobati Rambut Rusak Akibat Rebonding

Namun, harus disadari bahwa melakukan rebonding pada rambut memiliki efek samping yang sangat merugikan dan berbahaya untuk kesehatan rambut Anda. Beberapa efek samping yang sering terlihat yaitu rambut akan mengalami kerusakan, seperti rontok berlebih, kering, bercabang, dan mudah patah.  Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengobati rambut rusak akibat rebonding, seperti:

  1. Gunakan hair mask

Hair mask atau masker rambut dipercaya sangat efektif untuk memberikan vitamin yang dibutuhkan rambut rusak hingga ke lapisan terdalam rambut. Dulu orang menganggap bahwa creambath adalah solusi paling ampuh, namun ternyata creambath tidak mampu meresap hingga ke dalam rambut, hanya di lapisan luarnya saja.

Anda bisa menggunakan masker rambut alami setiap hari atau Anda gunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mengobati rambut rusak akibat rebonding. Bahan-bahan yang banyak digunakan untuk masker rambut juga sangat bervariasi dan mudah ditemukan di sekeliling kita. Anda tentunya familiar dengan lidah buaya. Manfaatnya sangat banyak untuk menjaga kesehatan rambut. Di samping itu, cara menanam dan menggunakan lidah buaya sebagai masker alami untuk rambut juga sangat mudah.

Anda bisa mengeluarkan gel yang ada di dalam belahan daun lidah buaya, masukkan ke dalam satu wadah, lalu setelah itu Anda usapkan pada rambut dan kulit kepala. Pastikan juga kondisi rambut dan kulit kepala Anda sedang dalam kondisi yang bersih yaa sebelum perawatan dengan lidah buaya. Anda bisa menggunakan lidah buaya ini tanpa campuran bahan lain (digunakan langsung) atau Anda kombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti madu, kuning telur, minyak kemiri, minyak zaitun dan lain sebagainya.

  1. Pakai hair tonic

Saat rambut mengalami kerusakan, maka rambut akan rontok secara berlebihan dan dikhawatirkan akan terjadi kebotakan dini. Maka, Anda harus menggunakan hair tonic yang diperkaya ekstrak ginseng yang sangat berguna untuk menguatkan rambut dari akarnya. Dengan pemakaian teratur, hair tonic bisa membantu mengobati rambut rusak akibat rebonding yang mengakibatkan kerontokan.

  1. Jangan lupakan vitamin rambut

Semakin maksimal Anda merawat rambut, maka semakin besar pula kemungkinan rambut bisa kembali menjadi sehat dan indah seperti sebelum melakukan rebonding. Umumnya, pada orang yang memiliki rambut rusak, bagian ujung rambut akan terlihat sangat kering dan kusam. Untuk mengembalikan kelembaban ujung rambut, gunakan vitamin rambut secara teratur untuk mengobati rambut rusak akibat rebonding.

  1. Kurangi penataan rambut secara berlebihan

Saat terjadi kerusakan, rambut akan lebih rentan dan mudah patah. Agar tidak semakin merusak rambut, sebaiknya hindari beberapa metode penataan rambut, seperti menarik atau mengikat rambut terlalu kencang, penggunaan alat yang terlalu panas, ataupun penggunaan bahan kimia. Dengan mengurangi hal ini, maka Anda bisa mengurangi timbulnya kerusakan yang lebih parah.

Selain itu tips berikutnya sebagai cara mengobati rambut rusak akibat rebonding, Anda juga disarankan untuk menggunakan sisir rambut yang bergigi renggang. Hindari penggunaan sisir rambut yang terlalu rapat karena hal tersebut bisa sangat menyiksa rambut. Anda juga bisa melakukan pemotongan rambut secara berkala. Lakukan pada ujung-ujung rambut Anda karena biasanya ujung rambut mudah sekali bercabang dan kering. Anda bisa memotong ujung rambut setiap satu hingga dua bulan sekali

  1. Lakukan Keramas secara Berkala

Keramas rambut dengan menggunakan shampoo juga bisa dilakukan sebagai cara mengobati rambut rusak akibat rebonding. Tidak perlu melakukannya setiap hari. Anda bisa melakukan keramas dalam 2 hingga 3 hari sekali. Pada saat membersihkan, Anda harus memastikan tidak ada bekas shampoo yang tertinggal di rambut dan kulit kepala. Jika ada bekas shampoo yang tertinggal akan bisa menyebabkan timbulnya ketombe pada rambut dan rasa gatal.

  1. Hindari Polusi Berlebihan

Tips berikutnya untuk menjaga kondisi dan mengobati rambut rusak akibat rebonding adalah dengan tidak terkena cahaya matahari yang panas dalam jangka waktu terlalu lama. Selain itu, usahakan juga untuk menghindari polusi udara yang terlalu berlebihan. Walaupun hal tersebut sulit untuk dilakukan secara sempurna, Anda bisa meminimalisirnya. Bisa dengan menggunakan payung atau topi saat berjalan kaki di tempat yang panas, atau dengan cara lainnya.

Jika Anda kehujanan, segera mandi dan bersihkan rambut beserta kulit kepala Anda untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Kita tidak mengetahui ada kandungan bahan polusi apa saja di dalam hujan yang turun. Sebaiknya kita lebih bisa berhati hati dalam mengantisipasinya.

Jika Anda ingin mengobati rambut rusak akibat rebonding, ikuti beberapa cara di atas. Dengan perawatan intensif, maka rambut tidak akan hanya lebih sehat, tapi juga terlihat lebih indah. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *