Inilah Tips Perawatan Rambut Rusak Karena Bleaching

Inilah Tips Perawatan Rambut Rusak Karena Bleaching

Tips Perawatan Rambut Rusak Karena Bleaching. Apabila kamu pernah mewarnai rambutmu di salon-salon kecantikan, maka ada kemungkinan rambut kamu pernah di-bleach.

Proses bleaching rambut ini menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan lapisan kutikula dan pigmen rambut agar mempermudah masuknya zat pewarna rambut.

Tentu saja proses bleaching ini dapat menjadi faktor penyebab kerontokan rambut. Hal ini disebabkan oleh proses bleaching yang mematikan pigmen rambut sehingga membuat aliran nutrisi dari akar rambut menuju ke batang dan ujung-ujung rambut menjadi terhambat.

Ciri-ciri rambut rusak karena di-bleach adalah rambut menjadi kasar dan kering, mudah rontok, tampak kusam, susah diatur, mudah patah, dan bercabang pada ujungnya.

tips perawatan rambut rusak karena bleaching
tips perawatan rambut rusak karena bleaching

Tips Perawatan Rambut Rusak Karena Bleaching

Maka apabila kamu pernah mewarnai rambut kamu, dan mendapatkan rambut kamu saat ini terlihat tidak menarik dengan ciri-ciri seperti di atas, maka hampir dipastikan rambut kamu rusak akibat proses bleaching.

Namun tidak usah kuatir. Rambut kamu bisa kembali menjadi rambut normal yang indah dan sehat bila dilakukan perawatan yang benar. Berikut ini perawatan rambut rusak karena bleaching.

  1. Gunakan sampo yang memiliki kandungan keratin

Keratin merupakan protein pembentuk struktur komponen utama rambut. Keratin pada rambut bisa rusak akibat penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut.

Penggunaan peralatan pemanas rambut seperti catok dan hair dryer yang terlalu sering dan lama pun dapat merusak keratin.

Demikian pula dengan rambut yang rusak akibat proses bleaching, rambut menjadi kasar, kering, dan kusam akibat banyak keratin rambut yang rusak. Dengan menggunakan sampo yang mengandung keratin, maka perlahan-lahan rambut bisa kembali normal.

  1. Jangan lupa, gunakan juga kondisioner rambut

Kondisioner berfungsi untuk melembabkan rambut. Akibat proses bleaching rambut kehilangan banyak kandungan minyak alami yang berfungsi sebagai pelembab rambut.

Karena itulah, dalam perawatan rambut rusak karena bleaching pemakaian kondisioner sangat dianjurkan untuk membantu menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala.

  1. Gunakan juga minyak zaitun

Selain kondisioner, gunakan juga minyak zaitun sebagai pelembab. Oleskan secara merata minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, lali diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dan sampo. Lakukan ini secara rutin 2 kali seminggu.

  1. Gunakan masker rambut berbahan alami

Masker rambut mudah dibuat dari bahan-bahan alami. Dalam perawatan rambut rusak karena bleaching ini masker rambut dibuat untuk membantu menutrisi rambut yang akibat di-bleach mengalami banyak kekurangan nutrisi.

Bahan-bahan alami yang bisa dijadikan masker rambut adalah buah-buahan (pisang, pepaya, alpukat, mangga, lemon, nanas), susu dan madu, telur kuning, madu dan minyak zaitun, santan kelapa.

  1. Tambahkan vitamin rambut

Rambut yang rusak akibat bleaching susah untuk menyerap asupan vitamin dari dalam tubuh. Karena itu pemakaian vitamin rambut dari luar, yang dioleskan pada rambut, sangat dianjurkan dalam perawatan rambut rusak karena bleaching. Pemberian vitamin dari luar ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan rambut yang rusak karena bleaching.

  1. Gunakan sisir bergerigi jarang dan berujung bulat

Hal ini kelihatannya sepele, tetapi sangat disarankan bagi kamu yang rambutnya kasar, kering, dan bercabang. Menggunakan sisir yang bergerigi jarang dan berujung bulat dapat menghindarkan kerusakan lebih lanjut pada rambut, misalnya kerontokan yang parah.

Selain itu, bila menyisir pastikan dahulu rambut dalam keadaan basah agar mudah disisir dan diatur.

7. Hindari produk perawatan rambut yang banyak mengandung bahan kimia

Terlihat sepele, akan tetapi anda bisa melakukan tips perawatan rambut rusak karena bleaching ini dengan mudah. Disadari atau tidak, pemakaian produk berbahan kimia akan mempengaruhi kesehatan rambut anda.

Kelembaban, kekuatan, dan kelembutan rambut akan makin berkurang. Bagaimana caranya?

Anda bisa mulai mengurangi penggunaan produk perawatan rambut yang banyak mengandung bahan kimia, seperti deterjen, pewangi kimia, pengawet kimia, dan SLS.

Anda bisa menggunakan minyak kemiri original dan shampoo rambut rusak yang disediakan Ratu Kemiri. Terbuat dari bahan alami, aman digunakan untuk merawat rambut anda yang rusak akibat bleaching dan proses hair styling lainnya.

Mengolah minyak kemiri untuk rambut rusak juga bisa anda lakukan sendiri jika anda ingin mencoba membuat dan mempunyai waktu yang banyak untuk mengolahnya.

Demikian beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam upaya memulihkan kembali rambut yang rusak akibat proses bleaching. Semoga tips perawatan rambut rusak karena bleaching ini bermanfaat buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *