Kenali Penyebab Kebotakan Rambut Dini Pria dan Wanita

Kenali Penyebab Kebotakan Rambut Dini Pria dan Wanita

Tiap orang tentunya ingin memiliki rambut yang indah, tebal dan lembut. Akan tetapi, tidak jarang kenyataan yang dihadapi tidak sesuai dengan yang diinginkan. Ternyata rambutmu mulai mengalami kerontokan hingga akhirnya terlihat kebotakan rambut dini walaupun usiamu masih cukup muda. Kenapa demikian? Faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab kebotakan rambut dini?

Tidak peduli apakah kamu wanita atau laki-laki, resiko kebotakan rambut dini bisa mendatangimu. Ada baiknya kita mengenali penyebab kebotakan rambut dini untuk bisa lebih menjaga kesehatan rambut agar bisa terus sehat dalam waktu yang panjang.

kenali penyebab kebotakan rambut dini pria dan wanita
kenali penyebab kebotakan rambut dini pria dan wanita

Penyebab Kebotakan Rambut Dini pada Wanita dan Pria

Banyak yang bisa menjadi penyebab kebotakan rambut dini yang menimpa wanita maupun pria. Ada yang mengalami kebotakan rambut pada bagian depan, sebagian lagi ada yang mengalami kebotakan pada bagian tengah kepala lalu meluas. Beberapa faktor penyebab kebotakan rambut dini diantaranya adalah sebagai berikut:

Penggunaan Berlebihan Bahan Kimia dan Hair Styling

Sudah jadi rahasia umum bahwa penggunaan bahan kimia saat proses hair styling seperti rebonding, pewarnaan rambut, smoothing rambut, dan sebagainya bisa menjadi penyebab kebotakan rambut dini. Terlebih pada wanita yang berupaya tampil cantik dengan cara hair styling di atas. Tidak jarang pula para pria juga melakukan hair styling, terbukti banyak orang yang menghubungi tim Ratu Kemiri mengeluhkan rambutnya yang mulai rontok dan mengalami kebotakan setelah melakukan smoothing, rebonding dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang sering atau pernah melakukan hair styling seperti contoh di atas, harus mulai waspada dan ekstra hati-hati karena bahaya kerontokan hingga kebotakan rambut akan mengintai kesehatan rambutmu.

Faktor Penyakit dan Pengobatan

Selain faktor hair styling yang banyak menggunakan bahan kimia, faktor penyakit juga banyak berpengaruh dan menjadi penyebab kebotakan rambut dini baik pada pria maupun wanita. Tidak jarang setelah mengalami penyakit tertentu, kondisi rambut seseorang mulai rontok parah hingga mengalami kebotakan meluas, walaupun masih usia muda.

Salah satu kasus yang pernah dihadapi oleh tim Ratu Kemiri ialah konsumen yang mengalami kerontokan dan kebotakan rambut dini setelah mengalami penyakit tifus. Alhamdulillah setelah perawatan rutin menggunakan Ratu Kemiri mulai menampakkan hasil pertumbuhan rambut yang bagus.

Selain itu, faktor pengobatan yang harus dijalani seseorang seperti proses kemoterapi juga bisa jadi penyebab kebotakan rambut dini, tidak peduli apakah kamu wanita maupun pria. Paparan radiasi dari proses kemoterapi terlalu keras efeknya bagi kekuatan rambut, sehingga kerontokan rambut tidak bisa dihindari oleh seorang pasien kemoterapi.

Salah satu jenis penyakit rambut yang sering kami terima dari konsumen yang menghubungi Ratu Kemiri adalah Alopecia Areata. Kami yakin belum semua orang sadar mengenai satu jenis penyakit ini. Penyakit alopecia areata gejala umumnya adalah rambut tiba-tiba mengalami kerontokan secara cepat. Uniknya, kerontokan ini awalnya hanya seukuran koin kecil. Pada sebagian orang, kerontokan ini ada yang muncul lagi di bagian rambut lainnya, dan ada pula yang hanya tetap berada pada satu posisi itu saja. Jika Anda mengalami gejala awal seperti ini, bisa kunjungi dan konsultasi ke dokter untuk mendapat rekomendasi secara medis dan mengetahui penyebab pasti dari penyakit Alopecia Areata ini.

Faktor Gaya Hidup yang Tidak Seimbang

Gaya hidup yang tidak seimbang ini bisa juga menjadi kombinasi penyebab kebotakan rambut dini. Mulai dari tidak pernah berolahraga minimal 30 menit sehari, konsumsi makanan yang tidak memenuhi kebutuhan gizi tubuh sehari hari, tuntutan pekerjaan yang tinggi, tingkat stress / depresi yang tidak tertahankan bisa membahayakan kondisi tubuhmu secara terus menerus. Akibatnya juga akan berdampak pada rambut yang akan mengalami kerontokan hingga kebotakan meluas.

Oleh sebab itu, keseimbangan hidup sangat diperlukan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh dan rambut secara berkesinambungan. Upayakan cukup mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat gizi seperti protein, vitamin dan zat baik lainnya. Sumber-sumber makanan yang banyak mengandung protein diantaranya telur, kacang-kacangan, dan ikan. Sementara makanan yang menjadi sumber vitamin bisa didapat dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Upaya sederhana lainnya untuk menjaga kondisi tubuh adalah melakukan olahraga secara rutin. Salah satu contohnya bisa dengan lebih memilih jalan kaki saat di tempat kerja dan menghindari lift / elevator juga bisa menjadi tips yang mudah dijalankan sehari-hari saat sulit melakukan olahraga rutin.

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab kebotakan rambut dini pada pria dan wanita. Apakah Anda punya tips lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan rambut? Silakan share di kolom komentar ya. Semoga menjadi manfaat bagi yang membaca. Terima kasih ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *