Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Rambut yang sehat adalah idaman semua orang, baik itu wanita maupun pria. Oleh sebab itu, banyak melakukan berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut yang dimiliki. Tidak hanya untuk orang dewasa, bahkan para orangtua pun menginginkan bayi dan anaknya memiliki rambut yang hitam, indah, lembut dan lebat.

Rambut yang berada dalam keadaan sehat akan lebih mudah diatur, terlihat lembab, lembut dan indah. Oleh sebab itu, akan meningkatkan rasa percaya diri untuk pemiliknya. Seseorang akan terlihat lebih baik dengan rambut yang sehat dan indah.

Bayangkan seseorang dengan masalah rambut kering, bercabang, rontok, hingga rambut botak. Tentu akan jauh lebih risau dalam tampilan sehari-hari jika dibandingkan dengan seseorang yang rambutnya dalam keadaan sehat dan prima.

Akan tetapi, hampir semua orang juga beresiko besar terkena masalah rambut seperti rambut rontok, mulai dari kerontokan rambut yang ringan sampai kerontokan rambut parah hingga mengakibatkan kebotakan rambut.

Apa sih yang dimaksud dengan rambut rontok? Rambut memiliki siklus pertumbuhan dan siklus kerontokan. Rambut yang sudah sampai usia maksimal akan rontok dan digantikan dengan tumbuhnya rambut baru. Jadi rambut rontok adalah satu hal yang wajar dan akan dialami oleh setiap individu.

Yang membedakan adalah di tingkat ringan atau berat rambut rontok pada tiap individu. Kondisi rambut rontok yang parah adalah jika seseorang mengalami rambut rontok yang berjumlah lebih dari 100 helai rambut setiap hari.

faktor penyebab rambut rontok berlebihan
faktor penyebab rambut rontok berlebihan

Inilah Faktor Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Sebenarnya, apa saja faktor penyebab rambut rontok? Dan bagaimana cara mengobati rambut yang mengalami kerontokan? Ikuti terus ulasannya pada artikel berikut ini ya. Jika sudah mengetahui penyebab rambut mengalami kerontokan, maka sobat bisa memperbaiki kualitas kehidupan sobat sendiri supaya rambut bisa sehat kembali.

Tekanan Akibat Stress

Faktor penyebab rambut rontok yang pertama adalah tekanan yang muncul akibat stress atau trauma. Jika seseorang mengalami hal-hal yang sangat berat dalam kehidupan, maka besar kemungkinan hal berat tersebut akan tersimpan dalam memori seseorang.

Beberapa contohnya adalah mengalami sakit berat, kecelakaan kendaraan bermotor, tekanan di dalam dunia pekerjaan, tekanan dalam dunia sekolah / dunia pendidikan, dan berbagai kejadian berat lainnya.

Disamping mengalami stress secara fisik, tubuh juga rentan terkena stress secara emosional. Kejadian berat dalam hidup seperti masalah berat dalam rumah tangga, kematian salah satu anggota keluarga, dan berbagai masalah lain bisa memiliki dampak dan menjadi faktor penyebab rambut rontok yang dialami oleh seseorang.

Selanjutnya, hal tersebut akan mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan dan mempengaruhi kondisi kesehatan rambut secara khusus. Jika tidak dikendalikan dengan baik, maka stress berat bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok yang membahayakan.

Sobat bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya secara bertahap. Contohnya dengan melakukan olahraga seperti lari, berenang, bersepeda, atau melakukan gym secara rutin. Selain itu, berkumpul dengan keluarga dan berlibur sejenak bisa menjadi faktor pendukung lainnya untuk mengurangi tekanan yang dirasakan.

Traumatik dan stress juga bisa diakibatkan dari proses diet yang sangat keras. Diet makan berlebihan yang dijalani bisa menyebabkan trauma secara fisik yang berdampak pada terjadinya kerontokan rambut. Selain itu, jika diet yang dijalani tidak memenuhi kebutuhan tubuh akan zat-zat penting juga bisa semakin memperburuk kondisi tubuh dan kondisi rambut dari yang menjalankan.

Kehamilan pada Wanita

Kondisi kehamilan yang dijalani oleh seorang wanita juga bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok. Kehamilan adalah satu contoh kondisi yang memicu perubahan hormon di dalam tubuh seorang wanita. Seringkali wanita mengalami rambut rontok setelah proses melahirkan, dibandingkan pada saat sedang proses hamil.

Untuk menghadapinya, seorang wanita tidak perlu terlalu panik. Tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan tubuh secara bertahap setelah melahirkan. Dampingi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan melakukan perawatan rambut alami secara rutin untuk membantu proses pemulihan tubuh.

Kelebihan Asupan Vitamin A dan Kekurangan Protein

Jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi vitamin, seperti vitamin A contohnya, maka kebiasaan ini bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok.

Untuk menghindarinya, sobat bisa menghentikan kebiasaan mengkonsumsi vitamin atau suplemen secara berlebihan. Dibalik kebiasaan mengkonsumsi tersebut, tersimpan resiko yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan rambut sobat.

Sebaliknya, jika seseorang mengalami kekurangan konsumsi protein ternyata bisa menghambat pertumbuhan rambut dan menjadi faktor penyebab rambut rontok. Protein adalah satu mineral yang diperlukan oleh rambut supaya bisa tumbuh lebih optimal.

Sobat bisa membiasakan untuk mengkonsumsi dari berbagai sumber protein, baik protein hewani maupun protein nabati. Contoh makanan yang mengandung banyak protein adalah kacang-kacangan, tempe, tahu, telur ayam, daging sapi, ikan salmon, dan jenis ikan lainnya.

Faktor Genetika dan Hormon Seseorang

Salah satu faktor penyebab rambut rontok hingga sampai kondisi kebotakan meluas pada seseorang bisa disebabkan oleh kondisi genetika dan perubahan hormon, seperti hormon seksual pada orang tersebut. Kondisi faktor gabungan antara faktor genetika dan perubahan hormon ini banyak dialami oleh pria.

Kerontokan rambut pada pria juga seringkali memiliki pola kerontokan dan kebotakan tertentu. Ada yang mengalami kerontokan rambut pada bagian tengah kepala, hingga lama kelamaan meluas. Banyak juga pria yang mengalami rambut rontok pada bagian dahi, yang lama kelamaan membentuk pola huruf M.

Tidak ada patokan usia yang pasti, kapan seseorang bisa didatangi oleh faktor penyebab rambut rontok ini. Ada yang masih usia muda, ada juga yang mengalaminya pada saat sudah usia lanjut.

Demikian juga pada wanita. Contohnya pada saat mengkonsumsi pil KB untuk mengendalikan kehamilan. Pada saat memulai dan pada saat berhenti, seorang wanita akan lebih rentan terkena masalah rambut rontok karena efek samping dari pil KB yang dikonsumsi.

Faktor Keturunan

Faktor penyebab rambut rontok selanjutnya adalah faktor keturunan. Jika sobat memiliki garis keturunan dimana pada usia tertentu, banyak anggota keluarga yang mulai mengalami masalah rambut seperti kerontokan rambut hingga kebotakan rambut, maka ada kemungkinan kondisi sobat akan lebih rentan.

Dengan kondisi yang lebih rentan, sobat juga bisa mengalami masalah rambut yang sama seperti “kebanyakan” anggota keluarga sobat.

Faktor penyebab yang satu ini tidak memandang apa jenis kelamin sobat. Oleh sebab itu, faktor penyebab rambut rontok ini bisa menimpa pada wanita maupun pada laki-laki.

Penyakit Auto Imun

Ada hal khusus yang bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok, yaitu seseorang terkena penyakit autoimun. Penyakit autoimun yang menyerang rambut ini gejalanya berupa rambut rontok secara tiba-tiba pada bagian rambut tertentu.

Setelah itu, terjadi kebotakan rambut bulat seperti koin. Posisi kebotakan rambutnya bisa terjadi di satu lokasi hingga beberapa lokasi pada rambut sekaligus. Penyakit ini dikenal dengan nama penyakit Alopecia Areata.

Penyakit ini adalah hasil sistem imun tubuh yang terlalu aktif, sehingga melihat rambut sebagai bagian asing dari tubuh seseorang. Untuk informasi lebih lanjut, disarankan untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk mendapat penjelasan secara medis.

Hair Styling Berlebihan

Faktor penyebab rambut rontok yang umum terjadi adalah kebiasaan buruk untuk melakukan hairstyling pada rambut. Contohnya adalah melakukan catok rambut, rebonding rambut, mewarnai rambut, dan smoothing rambut.

Pemakaian bahan kimia yang sangat tinggi pada proses hairstyling dan panas yang berlebihan bisa melemahkan rambut untuk jangka panjang. Apa efek buruknya dalam jangka panjang?

Rambut bisa mengalami kerontokan rambut yang parah, rambut kering, hingga rambut bercabang. Jika memungkinkan, segera hentikan kebiasaan buruk ini untuk menjaga kondisi rambut sobat supaya tetap dalam keadaan sehat dan lembut.

Kebiasaan menggunakan minyak rambut / gel rambut / hairspray secara terus menerus juga bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok. Keinginan untuk terlihat lebih bergaya dan indah rambutnya, justru menyimpan resiko kerusakan rambut yang sangat berat dan sulit untuk dipulihkan kembali. Jadi sebaiknya lebih berhati-hati jika sobat ingin melakukan hairstyling pada rambutnya ya.

Proses Kemoterapi

Seseorang yang terdiagnosa mengalami kanker, biasanya akan menjalani proses pengobatan dengan cara kemoterapi. Proses kemoterapi akan berakibat sangat berat bagi tubuh, dan rambut khususnya, sehingga menjadi faktor penyebab rambut rontok.

Begitu seseorang selesai menjalankan proses kemoterapi, rambut akan mulai tumbuh kembali secara bertahap, tentu diimbangi dengan melakukan proses perawatan rambut tambahan secara alami.

Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut secara herbal dan aman. Contohnya dengan menggunakan minyak kemiri bakar, lidah buaya, madu, dan bahan alami lainnya.

Demikian info sederhana mengenai faktor penyebab rambut rontok yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Semoga memberikan tambahan informasi yang berguna bagi sobat yang saat ini sedang mengalami masalah rambut rontok hingga kebotakan rambut yang parah dan meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *