Mengenal Tahap Siklus Pertumbuhan Rambut Manusia

Mengenal Tahap Siklus Pertumbuhan Rambut Manusia

Tahap siklus pertumbuhan rambut manusia perlu untuk kita ketahui. Supaya kita menyadari betapa berharganya upaya untuk menjaga kesehatan rambut.

Pada saat menyisir rambut dengan sisir, biasanya sering dijumpai beberapa helai rambut yang terlihat menempel pada sisir rambut Anda.

Kondisi rambut ini mungkin Anda anggap kondisi rambut yang normal. Akan tetapi, bagaimana jika jumlah rambut kepala yang rontok terus bertambah dari waktu ke waktu?

Biasanya masalah rambut yang mengalami kerontokan akan dikaitkan dengan masalah kebotakan rambut parah dan efeknya akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Perlu Anda ketahui, rambut memiliki tahap siklus pertumbuhan rambut normal. Bahkan pada saat rambut mengalami pertumbuhan rambut per hari, Anda akan tetap mengalami kehilangan sejumlah rambut setiap harinya.

Menurut  American Hair Loss Association, kondisi rambut rontok masih berada dalam rentang normal jika rambut yang rontok berjumlah sekitar 25 hingga 100 rambut per hari.

Rata-rata pada kulit kepala memiliki sekitar 100 ribu helai rambut. Masing-masing helai rambut akan mengalami tahap siklus pertumbuhan rambut per bulan sekitar 1/2 inci dan memiliki siklus usia hidup total kurang lebih selama 4,5 tahun.

tahap siklus pertumbuhan rambut manusia
tahap siklus pertumbuhan rambut manusia

Tidak jarang pada saat menginjak tahun kelima, siklus pertumbuhan rambut akan masuk ke siklus mengalami kerontokan dengan sendirinya dan pada prosesnya akan digantikan oleh rambut baru dalam waktu setengah tahun untuk siklus pertumbuhan rambut normal.

Dalam kasus-kasus tertentu, ada beberapa individu yang rambutnya dapat bertahan hidup dalam jangka waktu selama kurang lebih enam tahun. Untuk lebih mengetahuinya, ketahui tiga tahap siklus pertumbuhan rambut berikut ini.

Mengenal Tahap Siklus Pertumbuhan Rambut Manusia Normal

Tahap Siklus Pertumbuhan Rambut – Anagen

Menurut penelitian ilmiah dari American Hair Loss Association, tahap siklus pertumbuhan rambut manusia normal dan kondisi rambut rontok terjadi pada tiga fase yang berbeda.

Selama pada tahap awal, disebut fase anagen, rambut akan tumbuh aktif dan cepat melakukan proses pembelahan dan memproduksi materi untuk rambut-rambut baru.

Rambut yang baru mengalami pertumbuhan akan memiliki pori-pori yang disebut dengan folikel. Folikel akan membantu mendorong rambut lama untuk keluar, yaitu rambut yang sudah berada pada akhir dari siklus hidupnya, dan kemudian akan menyebabkan rambut rontok.

Sebagian besar, hampir 90 persen rambut yang berada pada kondisi sehat biasanya rambut yang berada dalam siklus pertumbuhan rambut fase anagen.

Tahap Siklus Pertumbuhan Rambut – Catagen

Tahap siklus pertumbuhan rambut manusia berikutnya adalah siklus catagen.

Pada umumnya ada kurang lebih sejumlah 3 persen dari total jumlah rambut Anda yang mengalami fase transisi (fase catagen). Pada siklus pertumbuhan rambut bagian catagen ini, yang berlangsung selama dua sampai tiga minggu, rambut manusia akan berhenti tumbuh dan mengalami penyusutan akar rambut.

Pada akhir fase transisi ini, rambut Anda mulai terlihat tonjolan pada titik-titik di kulit kepala.

Tahap Siklus Pertumbuhan Rambut – Telogen

Tahap berikutnya dari siklus rambut yaitu tahap siklus pertumbuhan rambut bagian akhir yang disebut telogen. Pada rentang waktu tertentu, kurang lebih sejumlah 6-8 persen dari total keseluruhan rambut Anda akan berada dalam tahap akhir siklus hidup yang disebut telogen.

Selama fase akhir dari tahap siklus pertumbuhan rambut yang berlangsung selama kurang lebih 100 hari ini, pertumbuhan rambut manusia per hari akan berhenti total.

Pada saat tahap siklus pertumbuhan rambut anagen dimulai untuk pertumbuhan rambut baru, rambut telogen yang sudah berada pada akhir masa hidup akan terdorong keluar dengan sendirinya dan akan lepas dari kulit kepala.

Beberapa dari Anda mungkin mengalami masalah kerontokan rambut yang lebih banyak dari batas normal setiap harinya dibandingkan dengan orang lain.

Hal tersebut memiliki banyak penyebab seperti faktor genetik, stress, kelelahan secara fisik maupun emosional, tubuh dan rambut mengalami kekurangan protein, penyakit tiroid, atau efek samping dari kebiasaan buruk lainnya, seperti sering meluruskan rambut atau mewarnai rambut.

Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan obat penyubur rambut alami yang mudah ditemukan di sekeliling kita. Salah satunya yang sudah disediakan oleh Ratu Kemiri.

Anda tidak perlu kesulitan dalam proses pembuatan minyak kemiri sendiri. Kami sudah menyiapkan produk siap pakai untuk kebutuhan rambut anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *