Menggunakan Minyak Kemiri untuk Rambut Rusak

Menggunakan Minyak Kemiri untuk Rambut Rusak

Khasiat minyak kemiri untuk rambut rusak sudah dikenal luas sejak jaman dulu. Sejak belum dikenalnya obat-obatan kimia untuk rambut, orang sudah menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut, seperti rambut kusam, rambut beruban, rambut kurang subur, rambut kering, rambut mudah rontok, dan sebagainya.

Minyak kemiri memang kaya akan nutrisi alami yang baik untuk rambut. Nutrisi alami tersebut diantaranya adalah protein, vitamin B1, asam linoleat, gliserida, palmitat, stearat, dan juga zat lemak, yang kesemuanya merupakan zat-zat penting bagi rambut untuk dapat bertumbuh dengan baik dan sehat secara alami.

menggunakan minyak kemiri untuk rambut rusak
menggunakan minyak kemiri untuk rambut rusak

Menggunakan Minyak Kemiri untuk Rambut Rusak

Dalam menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rusak, tentu harus dilakukan dengan konsisten, penuh kesabaran dan faktor pendukung lainnya. Tidak jarang konsumen Ratu Kemiri yang melakukan treatment pada rambut dan berhasil dalam mengatasi rambut rusak, didukung dengan kebiasaan hidup yang jauh lebih sehat. Contohnya berhenti merokok, berhenti menggunakan gel atau minyak rambut, dan sebagainya.

Apa saja sih manfaat minyak kemiri? Berikut ini beberapa khasiat minyak kemiri untuk rambut rusak yang sudah dirasakan oleh banyak orang :

  1. Menyuburkan rambut

Minyak kemiri memang lebih dikenal sebagai minyak penyubur rambut. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada minyak kemiri dapat membantu menyuburkan rambut.

  1. Menumbuhkan rambut

Kandungan yang sama pada minyak kemiri juga dapat bermanfaat untuk menumbuhkan rambut sehingga minyak kemiri banyak digunakan untuk mengatasi kebotakan.

Produk minyak kemiri alami dan original juga aman digunakan untuk membantu menumbuhkan rambut bayi. Pastikan sobat mendapatkan minyak kemiri bayi yang benar-benar alami dan murni, tanpa campuran dari bahan kimia apapun.

  1. Mengatasi rambut rontok

Khasiat lainnya minyak kemiri untuk rambut rusak adalah untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan nutrisi yang ada pada minyak kemiri dapat membantu menutrisi rambut yang rontok akibat kekurangan nutrisi.

Tentunya efektivitas manfaat minyak kemiri untuk rambut rusak dan rambut rontok akan lebih baik jika didukung oleh kebiasaan hidup sehat dari seseorang. Menghindari berbagai penyebab rambut mengalami rambut rontok seperti penggunaan minyak rambut atau gel rambut, melakukan rebonding, smoothing, pewarnaan rambut, catok rambut, dan berbagai penyebab rambut rontok lainnya.

  1. Menghitamkan dan Melembutkan Rambut

Selain sebagai penumbuh dan penyubur rambut, minyak kemiri ternyata mampu menghitamkan rambut. Bila digunakan pada rambut hitam ia akan mengkilapkan dan menjaga rambut tetap hitam. Sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki rambut kusam.

Selain itu, bagi anda yang risau karena mengalami masalah rambut kering, juga bisa melakukan perawatan menggunakan minyak kemiri untuk rambut rusak dan kering. Minyak kemiri yang original bisa membantu melembutkan rambut secara alami dan natural.

  1. Mengatasi rambut uban

Minyak kemiri juga dapat mengatasi rambut yang beruban. Namun cara kerjanya tidak seperti semir rambut yang bisa seketika menghitamkan rambut putih, karena manfaat minyak kemiri yang utama bukanlah sebagai cat pewarna rambut.

Minyak kemiri bermanfaat sebagai nutrisi alami untuk membantu mengurangi pertumbuhan rambut uban yang terlalu cepat yang disebabkan oleh kerusakan pigmen pewarna rambut. Jadi cara kerjanya dari dalam dan tidak bisa diterapkan pada rambut beruban karena faktor keturunan.

  1. Menebalkan rambut

Minyak kemiri yang kaya akan vitamin dan nutrisi dapat membantu memenuhi kebutuhan rambut akan nutrisi dan vitamin agar dapat tumbuh dengan sehat dan subur. Minyak kemiri yang digunakan secara rutin dan teratur dapat membuat rambut menjadi subur dan tebal.

Bila Anda pun tertarik menggunakan minyak kemiri untuk rambut rusak Anda, maka Anda dapat memperolehnya secara mudah di toko-toko. Namun hati-hati terhadap produk abal-abal yang memiliki banyak campuran lain pada tiap botolnya.

Bukannya khasiat baik minyak kemiri yang didapat, namun justru membuat rambut Anda bertambah rusak. Anda pun dapat membuat sendiri minyak kemiri ini, dan caranya pun termasuk mudah. Berikut ini langkah-langkah membuat minyak kemiri :

  • Ambil beberapa biji kemiri. Jumlahnya sesuaikan saja dengan kebutuhan. Anda bisa mencoba dengan 3 biji terlebih dahulu.
  • Kemiri yang sudah disiapkan tadi disangrai atau dibakar hingga gosong dan permukaannya tampak mengkilat karena berminyak.
  • Kemiri yang sudah gosong ditumbuk atau dimemarkan hingga mengeluarkan minyak. Itulah minyak kemiri yang siap digunakan untuk perawatan rambut.

Penggunaan minyak kemiri untuk rambut rusak pun sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan minyak kemiri tadi pada seluruh bagian rambut secara merata sambil memijit-mijit kepala secara perlahan.

Hal ini dilakukan agar kandungan nutrisi pada minyak kemiri dapat meresap masuk melakui pori-pori kulit kepala. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 – 60 menit, lalu bersihkan rambut dan kulit kepala dengan keramas hingga bersih dan tidak ada bekas kemiri yang tertinggal.

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah secara teratur minyak kemiri ini paling tidak 3 kali seminggu. Niscaya, dengan cara benar memakai minyak kemiri untuk rambut rusak, dalam beberapa bulan pemakaian akan terlihat adanya perubahan pada rambut Anda.

Dengan sifat dasar minyak kemiri sebagai obat herbal dan nutrisi alami untuk rambut, tentu hasil yang didapatkan tidak bisa instan dalam waktu beberapa hari. Bahkan secara natural, rambut juga mempunyai siklus pertumbuhan rambut yang perlu anda pahami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *