Panduan Cara Tepat Merawat Rambut Bayi dan Balita

Panduan Cara Tepat Merawat Rambut Bayi dan Balita

Merawat rambut bayi dan balita sudah menjadi salah satu tugas para orangtua sejak bayinya lahir. Pada saat lahir, ada dua kondisi rambut yang mungkin terjadi pada bayi. Ada bayi yang lahir dengan rambut yang sudah tumbuh, namun ada juga bayi yang sama sekali tidak memiliki rambut ketika lahir (botak).

Namun bagi anda orang tua yang memiliki bayi dengan kebotakan saat lahir tidak perlu terlalu khawatir, karena sesungguhnya ketebalan, warna, serta tekstur rambut bayi akan mulai menampakkan perubahan ketika telah memasuki usia balita.

Pada fase awal, rambut bayi akan pertama kali mengalami kerontokan pada usia sekitar tiga hingga enam bulan sebelum selanjutnya digantikan oleh rambut yang baru secara alami.

Untuk menjaga rambut bayi anda tetap sehat pastinya haruslah dilakukan suatu perawatan. Perawatan rambut pada bayi tentunya berbeda dengan yang dilakukan pada orang dewasa.

panduan cara tepat merawat rambut bayi dan balita - Ratu Kemiri WA 0878 2338 1610
panduan cara tepat merawat rambut bayi dan balita

Panduan Cara Tepat Merawat Rambut Bayi dan Balita

Pada artikel ini akan dibahas mengenai panduan cara tepat dalam merawat rambut bayi dan balita, berikut ini adalah ulasannya.

Bersihkan Rambut Secara Teratur

Meskipun bayi tidak melakukan aktivitas seperti orang dewasa, akan tetapi harus tetap dilakukan pembersihan rambut secara rutin. Membersihkan rambut bayi dapat dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu sebagai upaya untuk merawat rambut bayi dan balita supaya tetap sehat.

Selain untuk membuat rambut dan kulit kepala bayi tetap bersih, kegiatan ini juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala bayi. Jika sirkulasi darah pada kulit kepala lancar, maka proses pertumbuhan rambut pun akan menjadi lebih cepat. Namun dengan kondisi kepala bayi yang belum kerasa, maka haruslah berhati-hati dalam melakukan pembersihannya.

Perhatikan Pemilihan Shampoo

Tips mudah berikutnya dalam merawat rambut bayi dan balita ialah Anda harus memastikan bahwa shampoo yang digunakan untuk bayi anda memanglah shampoo khusus untuk bayi. Gunakanlah shampoo yang mengandung bahan alami dan tradisional.

Penggunaan shampo rambut bayi dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada pada rambut serta kulit kepala bayi. Selain itu dapat juga membuat rambut bayi menjadi lebih lembab, lemas dan lebih mudah untuk diatur.

Perawatan Rambut Bayi secara Tradisional

Tips berikutnya untuk merawat rambut bayi dan balita ialah memberikan perawatan rambut ekstra pada rambutnya memakai bahan tradisional yang aman.

Salah satu bahan tradisional yang bisa digunakan untuk merawat rambut bayi dan balita ialah minyak kemiri alami dan shampo kemiri tradisional untuk rambut bayi dari Ratu Kemiri. Kedua jenis produk tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat penumbuh rambut alami pada bayi dan balita.

Anda tinggal mengoleskan minyak kemiri murni untuk bayi dari Ratu Kemiri secara merata pada rambut dan kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dan keramas memakai shampo alami untuk rambut bayi dari Ratu Kemiri.

Lakukan perawatan rambut secara rutin untuk mendapatkan hasil rambut bayi yang optimal, lebih tebal dan lebih lembut. Anda juga bisa mendapatkannya dengan mudah melalui website toko online Ratu Kemiri berikut ini:

www.ratukemiri.id

Instagram Ratu Kemiri @ratu.kemiri

Gunakan Sisir Yang Tepat

Tips berikutnya dalam merawat rambut bayi dan balita ialah memilih sisir rambut yang sesuai. Pilihlah sisir rambut dengan gigi yang jarang serta tidak tajam, mengingat tekstur kulit kepala bayi masih lunak.

Dalam penggunaan sisir rambut pada bayi pun haruslah berhati-hati, lakukan dengan lembut. Selain itu perhatikan juga kebersihan dari sisir yang anda gunakan. Cucilah sisir bayi anda setiap seminggu sekali.

Konsumsi Makanan Bergizi

Tips berikutnya untuk merawat rambut bayi dan balita ialah memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Asupan makanan yang masuk kedalam tubuh ternyata memiliki pengaruh pada kesehatan rambut. Oleh karena itu pastikan untuk memberikan bayi anda asupan makanan dengan gizi yang tinggi serta kaya akan protein dan vitamin.

kandungan-kandungan gizi tersebut dapat membuat rambut menjadi sehat dan kuat sehingga tidak mudah rontok. Jika bayi anda belum diperbolehkan untuk makan, maka konsumsi tersebut harus dilakukan oleh ibu yang sedang menyusuinya.

Itulah sedikit pemaparan tentang panduan cara tepat untuk merawat rambut bayi dan juga balita. Pastikan anda melakukan hal-hal tersebut untuk membuat rambut anak anda senantiasa sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membaca, terimakasih.