Tips Merawat Rambut Bayi Agar Lebat dan Hitam Alami

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Lebat dan Hitam. Orang tua mana sih yang tidak senang bila melihat bayinya memiliki rambut yang indah dan sehat, yang tumbuh lebat dan hitam?

Rambut yang lebat dan hitam pada bayi membuat bayi terlihat cakep, ayu, dan makin menggemaskan.

Bahkan rambut yang sehat pada bayi menggambarkan kondisi kesehatan bayi yang baik. Apabila Bunda sedang mencari tips merawat rambut bayi agar lebat dan hitam, maka artikel ini dipersembahkan khusus buat Bunda.

tips merawat rambut bayi agar lebat dan hitam

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Lebat dan Hitam Alami

Perawatan rambut bayi tentu saja berbeda dengan perawatan rambut pada anak, remaja, dan usia dewasa.

Akar rambut pada bayi masih halus dan belum sekuat akar rambut pada orang dewasa. Demikian pula kulit kepalanya, masih sangat tipis dan perlu penanganan ekstra hati-hati.

Itulah sebabnya memerlukan tips tersendiri dalam merawat rambut bayi. Berikut ini tips merawat rambut bayi agar lebat dan hitam.

  1. Potong Rambut Bayi secara Rutin

Sebetulnya tips memotong rambut bayi ini tidak berdampak langsung pada pertumbuhan rambut bayi yang lebat dan hitam. Memotong rambut bayi tidak serta merta menjadikan rambut bayi menjadi lebat dan hitam.

Namun dengan memotong rambut bayi secara rutin, misalnya 2 bulan sekali, maka hal itu akan membantu membersihkan kulit kepala sang bayi.

Bila kulit kepala bersih, terutama bebas dari kerak-kerak dan sel-sel mati yang biasanya banyak terdapat pada kepala bayi, maka dapat diharapkan bahwa rambut yang tumbuh adalah rambut yang sehat sehingga bisa tumbuh secara lebat dan hitam.

  1. Oleskan Madu pada Kulit Kepala Bayi

Tips merawat rambut bayi agar lebat dan hitam selanjutnya adalah dengan mengoleskan madu, yang sudah dikenal luas memiliki banyak khasiat sejak zaman dahulu.

Kandungan yang terdapat pada madu dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala dan akar rambut sehingga dapat membantu rambut tumbuh sehat, kuat, dan lebat.

Cara mengaplikasikannya ialah cukup dengan mengoleskan madu secara merata pada seluruh bagian kepala bayi, lalu didiamkan selama 5 menit.

Hal ini sebaiknya dilakukan sebelum memandikan bayi sehingga saat memandikannya sekaligus membilas kepalanya yang sudah diolesi madu tadi. Hal ini tentunya harus dilakukan secara rutin dan teratur.

  1. Oleskan Minyak Kemiri pada Kulit Kepala Bayi

Selain menggunakan madu, minyak kemiri pun bisa digunakan dalam tips merawat rambut bayi agar lebat dan hitam.

Lebih baik lagi bila keduanya digunakan secara bergantian agar khasiat kedua-duanya dapat dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan rambut bayi Bunda agar lebat dan hitam. Untuk mengaplikasikan minyak kemiri ini, caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil 2 butir daging kemiri kira-kira seukuran jempol kaki orang dewasa.
  • Kemiri tersebut dibakar atau disangarai hingga gosong. Bila disangrai sebaiknya kemiri dibelah-belah dahulu menjadi empat bagian.
  • Bungkuslah kemiri gosong tersebut dengan kain, lalu dipukul-pukul secara perlahan-lahan hingga nampak ada minyak yang keluar dari kain pembungkus.
  • Gunakan minyak tersebut untuk dioleskan ke seluruh permukaan kulit kepala bayi. Oleskan secara perlahan-lahan dan merata.
  • Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Anda bisa bereksperiman denganĀ bikin minyak kemiri sendiri jika anda memiliki banyak waktu. Setelah itu, usapkan ke rambut bayi anda untuk memulai proses perawatannya.

Jika tidak, maka anda bisa langsung menggunakan minyak kemiri dan shampoo bayi yang sudah disediakan Ratu Kemiri.

  1. Perhatikan Asupan Gizi Bayi

Makanan merupakan salah satu faktor utama dalam pembentukan dan pertumbuhan seorang bayi. Demikian pula halnya dengan pertumbuhan rambut bayi Bunda.

Jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan yang dapat membantu pertumbuhan rambut seorang bayi menjadi lebih sehat adalah ikan, telur, susu, buah-buahan dan sayuran.

Namun apabila bayi Bunda masih mengkonsumsi ASI, maka sebaiknya Bundalah yang mengkonsumsi makanan-makanan tersebut sebagai tips merawat rambut bayi agar lebat dan hitam.

Selain poin-poin di atas, hal lainnya yang perlu diingat adalah, rambut lebat dan hitam seorang bayi juga tergantung dari faktor genetika.

Selain memperhatikan kesehatan rambut bayi, bagi para Bunda tentu harus memperhatikan kondisi kesehatan rambutnya sendiri. Tidak jarang proses kehamilan dan masa menyusui menjadi faktor penyebab kerontokan rambut yang dialami oleh para wanita.

Apabila Bunda sudah mengaplikasikan tips merawat rambut bayi agar lebat dan hitam di atas secara rutin dan telaten, namun belum memperoleh hasil yang memuaskan, maka ada kemungkinan pertumbuhan rambut bayi Bunda dipengaruhi oleh gen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *